Penyampaian Sambutan Walikota Metro Masa Jabatan Tahun 2021-2024

Penyampaian Sambutan Walikota Metro Masa Jabatan Tahun 2021-2024

Disampaikan Pada Rapat Paripurna DPRD  Kota Metro

Tanggal 26 Februari 2021

Baca Juga

Bismillahirrahmannirrahhim

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat siang,salam sehat dan sejahtera untuk kita semua,tabikpun!

Yang kami hormati dan banggakan, Pimpinan DPRD Kota Metro, Forkopimda Kota Metro ,Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Pengadilan Agama Kota Metro, Wakil Walikota Metro, Anggota DPRD Kota Metro, Pj Sekretaris Daerah Kota Metro, Staf Ahli Walikota dan Para Asisten Setda Kota Metro, Kepala OPD se-Kota Metro , Pimpinan Instansi Vertikal di Kota Metro, Camat dan Lurah se-Kota Metro, Tokoh Masyarakat danTokoh Agama se-Kota Metro, Ketua Organisasi Masyarakat se-Kota Metro ,Insan Pers, Warga Metro Ceria,yang saya cintai,serta seluruh pihakyang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

Alhamdulillah ,marilah kita pajantkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atas karunia dan nikmat-Nya, Sehingga kita dapat berkumpul bersama pada forum yang berbahagia ini,dalam keadaan sehat walafiat ,di tengah pandemic Covid-19 ,dengan tetap menerapkan protocol kesehatan.

Rasa syukur juga kami panjatkan karena tadi pagi telah dilaksanakan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Metro oleh Gubernur Lampung yang berjalan dengan baik dan lancer.Selain itubeberapa jam lalu juga telah dilakukan serah terima jabatan dari Plh.Walikota Metro yang Alhamdulillahjuga berjalan dengan kondusif.

Sdr.Pimpinan Anggota DPRD dan hadirin yang kami hormati

Penyelenggaraan pemerintah yang baik dan bersih terdiri dari 2 (dua ) komponen ,yaitu Good and Clean Corporate Governance (GCCG) dan Good and Clean Civil Society Governance (GCCSG), dimana kedua komponen tersebut haruslah berjalan dengan baik dan bersinergi.

Komponen pertama adalah hubungan yang baik antara TRIAS POLITICA – Yaitu lembaga-lembaga Eksekutif ,Legeslatif,dan Yudikatif Kota Metro ,dimana masing-masing melaksanakan pembangunan di Kota Metro .Sinergi tersebut  tentunya dilaksanakan dalam menciptakan keterbukaan informasi public, dan menjalin komunikasi serta pertanggungjawaban bersama dalam pelaksanaan pembangunan.

Keserasian antar elemen Trias Politika akan menjadi sebuah langka baik dalam menjalankan sistem pemerintahann yang efektif. Ketidakseimbangan kekuasaan ,atau justru sebaliknya, dominasi kekuatan dari salah satu elemen ,cenderung menimbulkan kekuasaan yang absolut. Dan pengalaman  di banyak tempat membuktikan bahwa absolut power tend tocorrupt- kekuasaan yang absolut cenderung membentuk kekuatan yang manipulative dan koruptif. Oleh karena itu ,keseimbangan diantara ketiga elemen Trias Politika ini seyogyanya dapat mencegah penyalahgunaan wewenang.

Komponen kedua adalah Good and Clean Civil Society Governance (GCCSG) ,dimana pelaksanaan pembangunan membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat. Masyarakat sebagai subjek maupun objek pembangunan, tentunya juga harus mampu mengaktualisasikan keterlibatannya dengan optimal, serta mempunyai kemampuan untuk mengawasi jalannya pemerintahan.

 

Hadirin sekalian,

Perkenalkan kami, Walikota dan Wakil Walikota Metro, menyampaikan Visi, Misi, dan Program, yang selanjutnya akan menjadi pedoman di dalam pelaksanaan pembangunan 5 (lima) tahun ke depan.

Visi Kami – WARU atau Wahdi Qomaru – adalah “Terwujudnya Kota Metro Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya.” Visi tersebut diuraikan ke dalam 5 (lima) Misi pencapaian, yaitu Wasis, Waras, Wawai, Wira, dan Wadah.

  1. Wasis : Mewujudkan kualitas pendidikan dan kebudayaan yang berdaya saing di tingkat nasional dan global dengan menjunjung tinggi nilai keagamaan.
  2. Waras : Mewujudkan masyarakat sehat jasmani, rohani, dan sosial.
  3. Wawai : Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik (Good Governance). Terhormat, dan Bermartabat.
  4. 4. Wira: Meningkatkan masyarakat produktif, berdaya saing dalam bidang ekonomi kreatif dan wisata

keluarga.

  1. Wadah: Peningkatan kuantitas dan kualitas infrastruktur fisik secara efektif, efisien, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Selanjutnya, misi di atas akan dijabarkan ke dalam 36 (tiga puluh enam) Program Pembangunan, dan dielaborasi dalam 9 (Sembilan) Program Prioritas, sebagai berikut:

  1. Peningkatan Layanan Masyarakat melalui Kartu Metro Ceria (Satu Kartu Banyak Manfaat);
  2. Peningkatan Insentif bagi Pegiat Keagamaan, Pendidikan, Kesehatan, dan Para Pamong;
  3. Pembebasan luran BPJS Kelas III, dengan pelayanan yang berkualitas;
  4. Merealisasikan Rumah Sakit Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran;
  5. Menghadirkan layanan masyarakat terpadu dan cepat, melalui Mall Pelayanan Publik Satu Atap (Mall

Melesat),

  1. Peningkatan Sarana Prasarana Jalan, Lampu/Penerangan Jalan dan IOT (Internet of Things);
  2. Revitalisasi Fasilitas Olahraga dan Budaya
  3. Bantuan Sarana Produksi Pertanian (Saprotan) dan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) untuk Petani.
  4. Membangun Creative-Hub, yaitu sentra produksi dan pemasaran / E-comerrce di 5 (lima) Kecamatan dan 22 (dua puluh dua) Kelurahan.

Harapan kami, Visi, Misi dan Program tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan pembangunan Kota Metro berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Terutama mampu memulihkan dan bahkan meningkatkan ekonomi rakyat Kota Metro dari dampak pandemi Covid-19.

 

 

 

Sdr. Pimpinan, Anggota DPRD dan hadirin yang kami hormati,

Prioritas utama program kerja kami dalam 100 hari ke depan berfokus pada pencegahan dan

penanggulangan Covid-19, perlindungan sosial, pemulihan ekonomi, dan reformasi struktural, sebagaimana diamanatkan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2021. Tentunya, sinkronisasi

kebijakan antara Pemerintah Pusat, Provinsi Lampung dan Kota Metro menjadi salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan pembangunan.

Selanjutnya, dalam periode kepemimpinan Kami Bonus Demografi – yang pada hakikatnya merupakan tantangan dan peluang – akan kami dayagunakan sebagai mesin penggerak ekonomi keumatan, menjadi daya ungkit, bukan menjadi alasan atau hambatan (modus) dalam pelaksanaan pembangunan. Singkatnya, Bonus Demografi adalah BONUS, bukan MODUS Penguatan Bonus demografi 2020-2030 dilaksanakan melalui Program Generasi Emas Metro Cemerlang (“GEMERLANG”) dan Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan IBU (“JAMA PAI”) menuju visi besar Generasi Emas Indonesia Cemerlang, yang selaras dengan RPJM Provinsi Lampung, RPJM Nasional, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030.

 

Dengan kata lain, Visi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan, yang telah menjadi kesepakatan masyarakat Kota Metro dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kota Metro 2005-2025 tetap menjadi roh utama pelaksanaan pembangunan dalam periode pemerintahan yang kami pimpin.

 

Bapak, ibu, hadirin sekalian

Pesan kami untuk para Aparatur Sipil Negara, bekerjalah sebagaimana biasa. Tegakkan displin, dan tidak terganggu oleh isu-isu yg tidak berdasar. Kepada Kepala OPD, segera lakukan konsolidasi organisasi agar tetap menghasilkan kinerja yang terbaik. Komunikasikan segala kegiatan yang mendesak untuk dilaksanakan di tahun 2021 ini.

Selanjutnya, sebagai bagian dari Pemerintah Daerah, tentunya DPRD dan Pemerintah Kota Metro memiliki tanggung jawab untuk mengemban pelaksanaan otonomi daerah. Oleh karena itu, mari bersinergi mengoptimalkan sumberdaya yang ada untuk membangun dan memajukan Kota Metro.

Kami yakin dengan nilai-nilai ketaqwaan dan tanggung jawab terhadap amanah Rakyat, kita dapat menciptakan kondisi yang kondusif sehingga partisipasi masyarakat dan dinamika sosial – politik mampu mendukung upaya membangun dan memajukan Kota Metro.

Tidak lupa kepada insan pers, diharapkan dapat menjadi media komunikasi pembangunan. Memberikan informasi-informasi yang positif serta menjadi control Pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan.

Terkhusus untuk pelaku ekonomi dan akademisi, kami siap menjadi mitra, kami siap menjadi pendukung dan kami siap menjadi fasilitator dalam pengembangan ekonomi maupun dunia pendidikan tinggi di Kota Metro, serta melakukan berbagai studi dan riset sebagai salah satu pijakan di dalam menentukan kebijakan pembangunan, atau yang dikenal dengan evidence based policy.

 

 

Sdr. Pimpinan, Anggota DPRD dan hadirin yang kami hormati

Sebelum mengakhir pidato ini, kami mengajak seluruh stakeholder pembangunan untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan pembangunan ke depan.

Perjuangan kita masih panjang untuk suatu peradaban Metro ke depan, untuk anak-anak cucu kita kelak, dan generasi bangsa yang besar ini. Kita mampu sesungguhnya berbuat lebih besar dan hebat untuk kota yang kita cintai ini, ketika kita bersatu-padu dalam satu barisan yang rapat, berjuang bersama untuk nilai-nilai kebaikan.

Saran, masukan dan kritik yang konstruktif tentunya akan menjadi kontrol kami dalam melaksanakan roda pemerintahan demi kemajuan Kota Metro Bumi Sai Wawai yang kita cintai.

 

Masyarakat Metro yang kami cintai,

Kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh masyarakat Kota Metro atas kepercayaannya kepada kami untuk memimpin Kota Metro ke depan. Kami mohon doa dan dukungan untuk kami berdua menjalankan amanah kepemimpinan ini, kepemimpinan yg melindungi untuk semua.

Izinkan Kami juga memohon doa restu kepada Ibunda saya tercinta Rosmala Dewi Siradjuddin, dan keluarga besar, doa kami kpd alm. Ayahanda Siradjuddin Djahidin (mantan Sekda pertama Lampung

Tengah 8 tahun dan Plt Bupati Lampung Tengah) yang telah banyak memberikan nilai-nilai suri-tauladan;

Ayahanda dan Ibunda Muslich Buchori orang tua dari istri kami tercinta, dr Silfi Naharani, MM.

Alm. Bapak Ibu HM. Kasiro dan keluarga Besar orangtua dari Bpk. Wakil Walikota, serta Alm. Bapak Ibu Ahmad Sujadi, orangtua dari istri bpk Wakil Walikota dan keluarga Besar.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga Allah SWT, memberikan perlindungan dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat melaksanakan pengabdian kepada Bangsa dan Negara. Dan marilah kita berdoa semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir.

 

Tabik… Nabik…. Dikuthi ghumpok pun…

Wabillahitaufik Walhidayah

Wassalamualaikim Wr. Wb.

 

 

METRO, 26 Februari 2021

WALIKOTA METRO

 

 

WAHDI

 

LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *