dr Wahdi : Menghadapi Covid 19 Jangan Berlebihan Khawatir

YAKIN dr Wahdi, SpOG,. calon walikota Metro jalur independen 2020 berkesempatan memberikan beberapa tips kepada sahabat, rekan dan handai taulan yang menyambanginya seputar menanggapi dan menghadapi covid-19 yang saat ini menjadi pusat perhatian dunia. WaRu
YAKIN dr Wahdi, SpOG,. calon walikota Metro jalur independen 2020 berkesempatan memberikan beberapa tips kepada sahabat, rekan dan handai taulan yang menyambanginya seputar menanggapi dan menghadapi covid-19 yang saat ini menjadi pusat perhatian dunia. WaRu

RAKYATMETRO.COM – Isu central masyarakat dunia Internasional saat ini tak bisa dipungkiri adalah masalah virus corona yang pertama kali muncul di Wuhan, China yang sekarang sudah menyebar di banyak negara di dunia ini.

Menanggapi hal tersebut, dr Wahdi yang punya talenta pribadi yang luar biasa itu, kepada sahabat-sahabat, rekan dan handai taulan yang menyambangi, Senin (16/3) di kediamannya Jl Pattimura Metro Utara menyampaikan beberapa tips khusus.

Baca Juga

Dengan tips ini, kita tak berlebihan khawatir dengan penyebaran virus corona (covid-19), ujar dia sambil menggerakkan tangannya memberikan ilustrasi.

Kita, kata Wahdi perlu khawatir, namun jangan terlalu berlebihan. Oleh karena itu, semua pihak harus memikirkan cara cepat menanggulangi dan mempersempit wilayah penyebaran covid-19.
Banyak cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari covid-19 yang tengah menghantui sebagian besar manusia di muka bumi saat ini.

Selain keyakinan kita terhadap ajaran agama masing-masing, ada beberapa tips medis yang saya sampaikan di sini, juga berdasarkan pengalaman yang ditemui selama menangani berbagai poenyakit massal akibat suatu virus.

Namun demikian, kata Wahdi Pemprov Lampung seharusnya membuat pola, bagaimana mengawasi orang-orang dari luar Lampung masuk ke daerah ini.
Itu salah satu pola penekanan penyebaran covid-19, ujar dia.

Di sisi lain, secara individual kita yang berinteraksi sesama makhluk khususnya sesama manusia, perlu mawas diri, waspada dan terpenting menjaga kesehatan.

Wahdi memberi contoh, jika dalam diri kita khawatir di suatu tempat karena banyaknya orang dan kita akan melakukan sholat maka pakailah sajadah yang dibawa dari rumah.

Dengan demikian, kita tahu persis sajadah yang kita pakai itu ketika kita melakukan gerakan sholat tertentu, urainya sedikit agak menjurus detail.

Kemudian kata dia, jika di rumah sesama anggota ke luar yang ada. Di antara kita ada yang batuk, kita harus batuk dengan cara sopan jangan asal batuk sehingga mempengaruhi anggota keluarga yang lain yang ada di suatu ruangan rumah kita.

Kesehatan pribadi itu sangat penting, kemudian jaga kesehatan seluruh anggota keluarga dan jika itu kita lakukan, maka masyarakat sekitarnya Insya Allah akan terjaga juga kesehatannya, tambah Wahdi.

Tips lainnya, kata dia adalah bagaimana sikap kita yang tengah sakit atau batuk, kemudian bertemu dengan sahabat lama. Maka, bersilaturrahmilah dengan baik, sopan dan santun tetapi jangan sampai kita batuk sembarangan tanpa menutup mulut.

Berikutnya tips adalah menjaga kebersihan anggota badan, kalau dapat kita selalu dalam keadaan berwudhulah, selalu mencuci tangan apalagi ketika hendak makan atau sesudah bersalaman dengan siapapun.

Itu penting, karena dengan demikian kita tanpa mengganggu silaturrahmi dapat menghindarkan kemungkinan terkena virus tertentu, ungkap sang dokter yang juga sosok seorang penyuka musik pop slow.

Di akhir pemberian tips-tips tadi, dr Wahdi berharap menghadapi covid-19, jangan sampai kita melupakan ibadah wajib kita sholat lima waktu sehari semalam. Karena, melalui sholat kita berkomunikasi dengan sang Pencipta. Kita berdoa, berdzikir dan sebagainya permohonan kepada Sang pencipta.

Selesai memberikan tips, sang dr mengajak reka sejawatnya dari berbagai profesi, organisasi serta lapisan masyarakat untuk makan bersama di kediamannya Jalan Pattimura, Metro Utara. (*)

LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *