Tiyuh Mekarsari Jaya Prioritaskan Pembangunan Fisik dan Pemberdayaan Masyarakat

RAKYATMETRO.COM, TUBABA – Tiyuh Mekarsari Jaya, Kecamatan Lambu Kibang, Kabupaten Tulang Bawang Barat tahun 2018 manfaatkan Dana Desa (DD) untuk menambah aset Desa/Tiyuh serta menambah fasilitas Desa/Tiyuh dengan berbagai pembangunan fisik.

Sekretaris Kampung/Tiyuh Mekarsari Jaya Hamidi, menjelaskan, rencana pengelolaan Dana Desa (ADD) baik yang bersumber dari APBN maupun yang bersumber dari APBD untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat.

“Di tahun anggaran 2018 ini, jumlah pagu anggaran ADD dan DD atau Pendapatan Kampung secara keseluruhan dalam satu tahun sesuai APBK sebesar Rp.1.207.800.344. Dimana dari keseluruhan dana tersebut bersumber dari Pendapatan Dana Desa (DD) Rp.725.970.935,- , Alokasi Dana Desa (ADD) Rp. 466.672.957,- ,  Bantuan Keuangan Propinsi Rp. 6000.000,-  Bagi hasil pajak dan retribusi Rp. 5.806.452,- dan PAD Rp. 3.350.000,-.

Baca Juga

Perlu diketahui, dari total dana pendapatan tersebut akan direncanakan dan dialokasikan untuk beberapa bidang yang diantaranya yaitu, Bidang I, atau Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Kampung dianggarkan sebesar Rp.282.303.452,- yang bersumber dana dari (DD, ADK dan PAD). Dibidang ini, rencana akan dialokasikan untuk Pembayaran Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kegiatan Operasional Kantor Kampung,  Kegiatan Penyusunan Peraturan Pemerintah Kampung/Tiyuh, Kegiatan Pemeliharaan Kantor Kampung/Tiyuh dan lain-lain.

Kemudian untuk Bidang II, yaitu Bidang Pelaksanaan Pembangunan Kampung dianggarkan sebesar Rp.779.716.457,- yang bersumber dana dari (DD dan ADD), dan dibidang ini rencana akan dialokasikan untuk beberapa kegiatan pembangunan yang diantaranya yaitu, Pembangunan Badan Jalan Produksi Ladang yang berlokasi di Suku 4, Pembangunan Lapangan Multi Fungsi yang berlokasi di Suku 3 dan untuk Pembangunan taman bermain anak yang berlokasi di Suku 3 serta Pembangunan Jambanisasi sebanyak 15 Unit dirumah warga.

Selain itu, adapun Bidang III, atau Bidang Pembinaan Kemasyarakatan dianggarkan sebesar Rp.33.640.000-. Dan yang terakhir adapun Bidang IV, yang disebut Bidang Pemberdayaan Masyarakat dianggarkan sebesar Rp.121.825.000,- yang bersumber dana dari Dana Desa (DD). Di bidang ini rencana akan dialokasikan untuk Bantuan insentif guru taman belajar keagamaan, dan lain-lain.

Adapun menurut Kepala Tiyuh Mekarsari Jaya, Made Suriaman  mengatakan, dengan adanya program Dana Desa itu, pastinya berdampak baik oleh masyarakat.

“Saya mewakili warga sangat terbantu serta  mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintahan Pusat  maupun Daerah, dengan adanya program Dana Desa ini, pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat sangat dirasakan sekali oleh masyarakat dengan adanya program dana desa ini,” terangnya.

Tentunya Made Suriaman sangat berharap kepada Pemerintah Pusat maupun Daerah agar Anggaran Dana Desa ini bisa terus berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya, sebab dengan adanya Program Pemerintah ini sangat bermanfaat sekali bagi seluruh desa khususnya untuk menambah aset dan Fasilitas desa yang berdampak kepada kesejahteraan masyarakat di desa. (ADV/Can)

 

LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *