2019 Kota Metro Bebas Dari BABS

Kepala Bappeda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo

RAKYATMETRO.COM, METRO -Pemkot Metro akan melakukan pengentasan jamban keluarga. Pasalnya, kondisi saat ini masih ada sekitar 672 KK yang tak memiliki jamban keluarga yang menyebar diwilayah tersebut.

Akan kita tangani melalui program yang dianggarakan APBD tahun 2019 ini,ucap Kepala Bappeda Bangkit Haryo Utomo, di ruang kerjanya, Jumat (19/10). Pemkot Metro akan membangun jamban keluarga bagi warga yang belum memilikinya.

Selain itu Kota Metro juga menargetkan tahun 2019 sudah terbebas dari BABS (buang air besar sembarangan). Lalu, di tahun itu Kota Metro menargetkan kondisi sanitasi mencapai 100%.

Dikatakannya, hal tersebut juga merujuk pada hasil penelitian konsultan SNV Nederlan, Belanda yang menyatakan Kota Metro posisi sanitasinya masih dibawah Bandarlampung, yakni: 91 %. Sanitasi di Kota Metro saat ini masih mencapai 94%, berada diatas Bandarlampung,tuturnya.

Untuk itu perlu dilakukan upaya untuk bisa mencapai 100% di tahun 2019 ini. Sementara itu juga dibutuhkan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membuang air besar sembarangan. Kita berharap Metro sudah bisa terbebas dari BABS tersebut pada 2019 ini,ucapnya.

Sebelumnya, Walikota Metro A.Pairin juga telah menyosialisasikan terkait masih banyaknya warga yang ditemukan belum memiliki jamban keluarga di kelurahan-kelurahan. Ia mengintruksikan RT maupun RW untuk mendata warganya yang belum memjiliki jamban keluarga. (can)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *